Kamis, 11 April 2013

SMS Penipuan Lowongan Kerja

SMS Penipuan banyak jenisnya. Dari minta kirim pulsa, kirim nomor rekening transfer bank, menang undian ulang tahun kartu seluler, rumah telah dijual sehingga kalau bayar kontrakan ke orang lain (bayar ke si penipu), dan ragam lainnya. Dan yang akhir-akhir ini sedang marak adalah SMS Penipuan Lowongan Kerja.

Kebetulan, kemarin (10/04/2013) saya menerima SMS dari nomor 082311039344 yang isinya sebagai berikut:

buka lowongan, PT Badak Natural Gas Liquefaction,- surat lamaran di kirim cv kerja - CV - fotocopy Ijazah terakhir, no tlp: ke (mail) recruitmen_karyawan@yahoo.com
 
Dan hari ini (11/04/2013) saya menerima SMS dari nomor 082311039379 yang berisi kurang lebih sama:
dibuka lowongan kerja di PT.badak lng(bontang)kaltim kirimkan riwayat hidup anda cv lamaran, fas foto 2x3/3x3: 3 lembar dan no tlp anda pendidikan sms/d2/d3/si/s2: ke(MAIL): recruitmen_karyawan@yahoo.com

Awalnya sempat tertarik untuk mengirim. Tetapi saya teringat bahwa beberapa waktu lalu teman memberi informasi ada lowongan kerja di FREEPORT maupun PERTAMINA, dengan isi kurang lebih sama.

PT. FREEPORT INDONESIA Menerima Karyawan 2013 Lulusan D3, D4, S2. L/P. Segera Kirim Daftar Riwayat Hidup. Pas fhoto 4X6 no. Hp. Kirim ke VIA Email: PTFI@dr.com

LOWKER PT. PERTAMINA (persero) Menerima karyawan(I), Lulusan D1,D2,D3,S1 & S2, Kirim Lamaran anda, email, Photo 4 x6, No. Tlp. E-mail ke : preckruit.pertamina@rocketmail.com


SMS DIATAS ADALAH PENIPUAN 
dan sudah menimbulkan banyak korban (baca artikel)


Agar tidak menjadi korban, saya memberikan beberapa tips yang saya ketahui:

1. TELITI
Persyaratan yang ditampilkan sangat umum. Tanpa batas usia. Tanpa pengalaman kerja. Berarti semua orang bisa mengirim lamaran. Sehingga kebayang dong berapa banyak surat lamaran yang bakal masuk untuk dikerjakan oleh bagian SDM atau Personalia? Kalau saya sebagai orang SDM atau Personalia, tentu saya akan melakukan syarat khusus agar mendapatkan kriteria yang sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan. Namun bagi penipu, hal ini berarti mengurangi jumlah calon korban yang akan mengirim "surat lamaran".

2. HATI-HATI
Data pribadi dan foto ternyata dikirimkan ke email gratis yang dapat dibuka oleh siapa saja, seperti di yahoo/gmail/sejenisnya. Setidaknya dikirimkan ke email corporate, misal jika lowongan untuk Pertamina, dikirimkan ke nama_email@pertamina.com. Jika lowongan di Freeport Indonesia, lowongan dikirimkan ke nama_email@ptfi.co.id).

Jikalau memang perusahaan kecil, bisa saja menggunakan email gratisan, setidaknya dalam pesan/iklan akan mencantumkan nomor telepon yang jelas untuk konfirmasi (fixed number/terdaftar di TELKOM, bisa di cek nomornya di 108).

3. WASPADA
Data pribadi dan foto dapat disalahgunakan. Ancaman bisa saja terjadi karena data pribadi sudah mereka miliki dan dapat mereka kembangkan lebih lanjut untuk membuat penipuan yang lebih canggih lagi. Cukup bermodalkan CV dan foto kita. Kalau si Penipu naksir foto Anda, setidaknya Anda akan diajak berkenalan :)

4. PENCEGAHAN 
Lakukan cek terlebih dahulu ke Perusahaan/Instansi yang bersangkutan melalui telepon ataupun website resmi. Tidak mungkin perusahan/instansimenyebarkan lowongan menggunakan SMS Blast dari nomor gratisan yang berantakan angka nomornya? Cuma penipuan yang bisa begini, maklum modal sekecil-kecilnya untung sebesar-bersarnya :) Bagi perusahaan besar, untuk SMS Blast dapat menggunakan SMS Broadcast yang dikenakan tarif tertentu, biasanya satu arah (kita menerima tapi tidak dapat membalas) dan yang tampil di HP adalah nomor 3 hingga 5 angka saja atau nama perusahaan. Biasanya yang sering menggunakan SMS Broadcast adalah Pihak Kartu Kredit untuk memberitahukan promo diskon Kartu Kredit ke nasabahnya (bukan penawaran pembuatan Kartu Kredit (KK) dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang juga marak itu).

Menurut saya, dari data lamaran yang masuk melaui email gratisan, penipu akan memilih orang yang mungkin dapat ditipu. Misalnya dicari yang tidak berpengalaman, kalau ada yang tidak berpendidikan atau berpendidikan serendah-rendahnya agar dapat dibohongi, atau orang yang sudah lama menganggur sehingga rasa ingin bekerja sangat tinggi. Target korban seperti ini lebih mudah untuk dimintai sejumlah dana, dan seterusnya dengan alasan proses seleksi penerimaan.

Silahkan disebarkan dan dibagikan dengan orang-orang terkasih Anda.

Atau mungkin ada yang ingin menambahkan tips menghindarkan diri dari SMS Penipuan Lowongan Kerja? Silahkan berkomentar dibawah. Demikian berbagi Informasi dan Tips dari Maestro Intermezzo sore ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Maestro Intermezzo by Agus Supriyanto © 2008-2010.