Jumat, 16 November 2012

Pilih Netbook Notebook Ultrabook

Mana yang paling tepat untuk Anda: Netbook, Notebook atau Ultrabook?


Netbook super ringan, harganya sangat terjangkau, dan mudah dibawa-bawa. Notebook ukurannya lebih besar, dengan performa lebih baik, namun harganya lebih mahal dari netbook. Ultrabook memiliki ukuran seperti notebook, dengan ketebalannya dan berat hanya separuh dari notebook. Berikut ini dibahas tentang apa yang perlu Anda ketahui untuk dapat mengambil pilihan yang cerdas dan hemat biaya.

Ketiga jenis komputer jinjing alias laptop tersebut didesain agar memudahkan Anda dalam perjalanan, namun jelas ada perbedaan antara netbook, notebook dan ultrabook.

Netbook

Dengan Netbook Anda dapat menggunakan komputer saat bepergian. Beratnya kurang dari 2 kilogram, ukuran layar 10 hingga 12 inci, netbook dapat dengan mudah masuk ke dalam ransel atau tas Anda, atau bahkan dapat dengan mudah ditenteng dengan satu tangan. Namun jika Anda akan menentengnya sepanjang hari, jelas ini perlu dipertimbangkan.

Ukuran Netbook lebih kecil, dan lebih cocok untuk penggunaan berbasis web, karena biasanya tidak tersedia drive CD atau DVD. Prosesor di dalamnya hemat energi dan efisien daya, oleh karena itu biasanya hanya mampu menjalankan lebih sedikit program yang dibuka secara bersamaan. Prosesor yang biasa digunakan adalah Intel Atom (Intel seri Nxx) dan AMD Brazos (AMD seri Cxx). Harga netbook berkisar 2 juta hingga 3,5 juta tergantung merk dan spesifikasi.

pilih-netbook-notebook-ultrabook


Jika gaya hidup Anda mengandalkan web, seperti blogging utuk pekerjaan atau hanya sebagai hiburan, netbook adalah pilihan yang tepat. Lebih sedikit hardware berarti konsumsi daya lebih sedikit, jadi netbook memiliki umur pemakaian baterai yang lebih lama, tahan 5 hingga 12 jam tanpa diisi ulang daya. Jika komputer yang super ringan ini dapat memenuhi kebutuhan Anda, pasti ini menjadi pilihan yang tepat.

Notebook

Ukuran Notebook lebih besar, dengan keyboard dan layar yang lebih lebar, drive DVD internal, dan fitur komputasi lebih lengkap. Beratnya berkisar 2 sampai 3 kilogram, notebook didesain untuk mengedit file video super besar, membuat grafis, atau mengelola perpustakaan musik berukuran besar. Ingat, dengan teknologi yang lebih canggih, maka memerlukan lebih banyak kekuatan (untuk membawanya) dan mengkonsumsi lebih banyak listrik (untuk menyuplai daya).

Notebook memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (PC/desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Dengan kekuatan baterai rata-rata antara 2 hingga 3 jam, membuat charger adaptor harus selalu dibawa untuk pemakaian lama. Harga notebook berkisar mulai 3 juta hingga 8 juta rupiaj, tergantung spesifikasi.

pilih-netbook-notebook-ultrabook


Hard drive notebook berkapasitas lebih besar mulai dari 320GB/500GB, dapat menyimpan sejumlah besar konten sekaligus mudah menjalankan program-program dengan data berukuran besar. Jika Anda memprioritaskan kekuatan daripada kenyamanan, maka notebook menjadi pilihan yang lebih tepat dibandingkan netbook.

Ultrabook

Ultrabook adalah sebuah komputer dalam kategori tipis dan ringan ultraportable laptop (notebook) , didefinisikan oleh spesifikasi dari Intel. Ultrabook merupakan rancangan notebook masa depan dari Intel yang menyatukan keunggulan yang dimiliki notebook dan tablet serta menjadi generasi baru dari perangkat yang menggabungkan respon kinerja, keamanan, ringan, dan faktor bentuk yang elegan dikelasnya. Tentu saja semua kelebihan ini dibayar dengan harga premium.

Ultrabook telah dilengkapi dengan Instant On yang berarti dalam menyalakan ultrabook tidak perlu menekan tombol power, cukup dengan membuka dan untuk mematikannya tidak perlu dengan shutdown cukup dengan menutup ultrabook.

Ultrabook adalah notebook dengan desain yang tipis, ketebalan ultrabook antara 3 mm diukur dari sisi tertipis dan memiliki berat antara 1,1 kg sampai 1.4 kg. Ultrabook telah menggunakan processor core i5 dan core i7. Memiliki layar 13,3 inci. Selain itu baterai ultrabook tidak dapat dilepas dan sudah menyatu dengan casing atau unibody . Meskipun tipis dan ringan ultrabook memiliki durabilitas yang kokoh dan terasa sangat solid ketika digenggam. Harga ultrabook berkisar belasan juta rupiah.

pilih-netbook-notebook-ultrabook

Kapasitas penyimpanan internal sedikit terbatas, yakni hanya 128/256GB. Hal ini dikarenakan masih  mahalnya SSD (Solid State Disk) sehingga mempengaruhi harga jual produk. Sebagai ilustrasi, harga SSD 128 GB saat ini (Nov 2012) sekitar 1,2juta, dibandingkan harga Harddrive 2.5" 500 GB dapat diperoleh dengan harga 500ribuan. Namun untuk kecepatan jauh lebih tinggi menggunakan SSD.

Contoh produk ultrabook adalah Acer Aspire S3 Ultrabook ™, Acer Aspire S5, Toshiba Portege Z83, Lenovo IdeaPad U300s, Asus Zenbook UX31, Samsung NP900X3C.


LCD dan Umur Pemakaian Baterai

Terdapat perbedaan yang jelas antara ukuran layar LCD dan durasi ketahanan baterai. Jika Anda memprioritaskan layar yang lebar, maka pilihlah notebook atau ultrabook. Ingat, ukuran layar yang semakin lebar berarti durasi ketahanan baterai juga semakin singkat. Biasanya baterai yang digunakan memiliki cell yang lebih besar (6 cell atau lebih).

Kesimpulan

Jika Anda memerlukan alat yang menawarkan "kelengkapan" dari segi performa, maka pilihlah notebook. Jika Anda ingin tetap ringkas dibawa-bawa saaat bepergian, untuk sekedar browsing atau mengetik, maka netbook adalah pilihan yang tepat. Jika mobilitas Anda sangat tinggi, ringkas dibawa dan membutuhkan performa maksimal dengan dana berlebih, tidak ada salahnya memilih ultrabook.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Maestro Intermezzo by Agus Supriyanto © 2008-2010.